Pembangunan RSUD Purut Pasuruan Disoal

2304_di-bongkar-rsud-purut34

Disoal- Proses pembangunan RSUD yang siap bangun. Proses Pembangunan RSUD Purut Kota Pasuruan yang disoal LSM dan beberapa kontraktor.Kontraktor dan LSM Mempertanyakan

Pasuruan : Dalam waktu dekat, RSUD Dr R. Soedarsono, Kota Pasuruan akan berubah bagian depannya. Bangunan peninggalan Belanda ini akan direhab total dengan dana Rp 32 Milyar yang diambil dari APBD Kota Pasuruan. Renovasi bangunan ini tidak hanya fisik gedung saja, tapi juga pemenuhan sarana dan prasarananya. Kamis (23/04)

Penggarapan proyeknya sudah dilakukan lelang sekitar awal bulan ini. Namun sayangnya, lelang proyek besar ini di indikasi banyak kejanggalan. Karena dianggap tidak transparan, banyak diprotes para kontraktor lokal. Dugaan kejanggalan diantaranya, lelangnya terkesan ditutup tutupi. Sebagai isyarat yang mestinya harus diumumkan di media massa, nyatanya sampai sekarang misterius.

Walikota LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Kota Pasuruan, Suhendry Sulaiman menyikapi persoalan tersebut. Menurutnya proyek sebesar ini tidak dilakukan dengan transparan. Padahal proyek itu di danai dari uang rakyat yang harus dipertanggung jawabkan. Izul mengaku sampai detik ini dirinya tahu kontraktor PT MKI dari kabar angin.

Lanjutnya mengatakan,jika memang lelangnya diumumkan, medianya apa juga tidak jelas. Ada dugaan, pemasangan lelang itu sendiri bersifat siluman sehingga medianya tidak beredar di pasaran. Banyak kontraktor dan masyarakat Kota Pasuruan yang ingin mengetahui pengumuman itu, namun tidak menemukan media yang memasang pengumuman lelang tersebut.

“Seharusnya Pemkot Pasuruan harus transparan soal adanya proyek di Kota Pasuruan yang menelan anggaran tidak  sedikit. Kami hanya minta kepada Pemkot agar transparan. Kontraktor lokal saja tidak diikutkan lelang. Jujur saja, banyak kontraktor lokal yang mengeluh permasalahan proyek mega itu pada kami,” ungkap Izur

Hal serupa juga dilontarkan seorang kontraktor berpengalaman, Agus. Menurutnya, sejak pra lelang hingga lelang, tidak pernah melihat media yang memasang iklan tersebut. Tahu-tahu sudah pengumuman pemenangnya yakni PT MKI asal Surabaya. Karena ini dianggap sebagai bentuk pelanggaran, maka sempat protes. Apalagi dalam pelaksanaan lelangnya sendiri, kontraktor lokal tidak dilibatkan sama sekali.

Sementara, Dr Sugeng Winarta, Direktur RSUD dr Soedarsono mengatakan, jika Kota Pasuruan bakal memiliki rumah sakit yang representatif menangani berbagai keluhan masyarakat. “ Anggaran sebesar itu digunakan untuk merehab fisik dan sisanya lagi untuk menambah fasilitas medis. Dengan selesainya rehab ini, nantinya diharapkan dapat meningkatkan type rumah sakit dari type C menjadi type B.

Kahumas Pemkot Pasuruan M. Ichwan Chairat menanggapi protes tersebut mengatakan, seluruh tahapan proyek fisik RSUD sudah dijalankan sesuai mekanisme.

“Bahkan sejak pembukaan pra tender di akhir tahun 2008 lalu, Pemkot juga mengumumkan secara terbuka di salah satu media regional yang sudah ditetapkan secara resmi oleh pemerintah,” jelasnya.

Dia menandaskan, Pemkot juga tidak akan gegabah dalam merealisasikan setiap proyek fisik di masing-masing tahun anggaran. Sudah ada ketentuan yang harus dijalankan dalam mekanisme penggarapan proyek pemerintah.

“Semua mekanisme itu telah dipenuhi. Tentunya ada bukti administratif yang dijadikan dasar pelaksanaan proyek. Termasuk mulai tahapan pelaksanaan tender,” tegas Ichwan kemudian.

Sementara itu, pengerjaan proyek peningkatan fasilitas rumah sakit RSUD Purut sudah dimulai beberapa hari terakhir dalam pekan ini. Pekerjaan diawali dengan merobohkan gedung pelayanan poli penyakit dalam poli anak, dan poli kandungan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: